Wapres Ma'ruf Serukan Gubernur dan Perguruan Tinggi Netral di Pilpres | Beritaviral

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Pasang Iklan Anda Disini
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 21 Nov 2023 03:59 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerukan para gubernur maupun penjabat (Pj.) gubernur di semua wilayah di Indonesia bersikap netral selama Pilpres 2024. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerukan para gubernur maupun penjabat (Pj.) gubernur di semua wilayah di Indonesia bersikap netral selama Pilpres 2024 (Arsip Setwapres)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerukan para gubernur maupun penjabat (Pj.) gubernur di semua wilayah di Indonesia bersikap netral selama Pilpres 2024.

Hal ini dia sampaikan merespons sikap wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan istrinya Arumi Bachsin nan berasosiasi menjadi ahli bicara cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Ya untuk semua gubernur dan pejabat-pejabat Gubernur, bukan hanya di Jawa Timur, di semua wilayah ya agar tetap bersikap netral. Kalau saya menyerukan begitu," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (20/11).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Ma'ruf menegaskan para gubernur definitif tak perlu mundur dari jabatannya ketika masuk dalam timses paslon tertentu.

Namun, dia meminta para gubernur kudu libur ketika ikut melibatkan diri dalam kampanye sesuai patokan perundang-undangan nan berlaku.

"Ya sesuai patokan saja. Sesuai patokan dilaksanakan, tetapi dia juga kudu menjalankan tugasnya dengan baik ya. Saya kira aturannya sudah ada, jika dia pemain, nan dia main pada saat cuti, saya kira gitu kan," kata dia.

Sebelumnya Emil dan Arumi ditunjuk menjadi Juru Bicara Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Gibran mengatakan penunjukan ahli bicara dilakukan agar dia bisa leluasa blusukan.

Gibran memilih untuk sering kunjungan ke wilayah untuk menyapa masyarakat di beragam lapisan.

Kampus kudu netral

Tak hanya gubernur, Ma'ruf mengatakan semua kampus di Indonesia juga kudu bersikap netral jelang Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan merespons penolakan kehadiran capres nomor urut satu Anies Baswedan menghadiri sebuah aktivitas obrolan sebagai narasumber di UGM.

"Ya perguruan tinggi kudu netral," kata dia.

Ma'rufmenyinggung permintaannya kepada lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk netral di Pilpres 2024. Baginya, sebuah lembaga MUI kudu netral, sementara orang-orangnya diberikan kebebasan memilih.

"Urusan memilih itu ada soal hati dan berkarakter personal. Jadi, tapi lembaga kudu netral," kata dia.

(rzr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

powered by Free-Counters.org