Wajib Diperhatikan, Ini Dampak Buruk Pakai Kampas Rem Palsu | Beritaviral

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Pasang Iklan Anda Disini
ARTICLE AD BOX

Liputan6.com, Jakarta - Rem merupakan komponen nan cukup krusial di kendaraan. Berfungsi untuk memperlambat laju sepeda motor hingga berhenti, dan mencegah tabrakan nan dapat berakibat fatal bagi pengendara dan juga orang lain.

Prinsip kerja rem adalah dengan memanfaatkan gesekan nan terjadi antara dua kampas rem dengan piringan cakram.

Ketika pedal rem diinjak, maka master silinder bakal mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper. Piston ini bakal menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan melambah hingga terhenti.

Dalam penggunannya, kondisi sistem rem tidak selamanya ideal, gesekan pada komponen sistem rem menyebabkan performa rem bakal semakin menurun.

Hal ini terjadi lantaran ketebalan kampas rem dan brake disc bakal selalu berkurang seiring waktu pengoperasian.

Perawatan rem secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga agar performa dari sistem pengereman kendaraan Anda tetap optimal. Salah satu perawatan nan berasosiasi dengan sistem rem adalah pada komponen kampas rem.

Disitat dari laman Wahana Honda, dalam memilih kampas rem, sebaiknya wajib kudu berhati-hati. Banyak kampas rem nan beredar dipasaran menawarkan nilai murah dibandingkan nilai genuine part-nya.

Ciri-ciri kampas rem tiruan adalah mempunyai nilai nan condong lebih murah dan tekstur material dari kampas rem nan lebih keras.

powered by Free-Counters.org