Pos Indonesia dipercaya memimpin sektor BUMN logistik | Beritaviral

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
Pasang Iklan Anda Disini
ARTICLE AD BOX

Jakarta (ANTARA) -

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun mengatakan bahwa Pos Indonesia dipercaya dalam memimpin serta mengonsolidasikan sektor BUMN logistik untuk membangun ekosistem logistik nasional.

"Saat ini tidak ada BUMN nan secara unik BUMN logistik dan mungkin perbaikan nan dilakukan oleh Pos, pemegang saham percaya dan mempercayakan Pos untuk me-lead (memimpin) ini," kata Tonggo dalam arena GRC Award di area Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (30/8).

Tonggo menerangkan Pos Indonesia mempunyai sasaran untuk berkontribusi dalam menurunkan biaya logistik pada ekosistem logistik nasional dari 23 persen dari PDB menjadi 15 persen dari PDB.

"Konteksnya dalam ekosistem logistik nasional kita biaya logistik sangat tinggi, 23 persen dari PDB, kami di-challenge (ditantang) untuk ikut serta membantu menurunkannya 8 persen menjadi 15 persen," ucap Tonggo.

Selain itu, Pos Indonesia juga diminta untuk mengonsolidasikan menjadi satu kesatuan para BUMN maupun perusahaan-perusahaan anak BUMN nan mempunyai jasa di bagian logistik.

"Kami diminta untuk mengagregasi resource ini menjadi satu dalam satu platform dan Pos Indonesia ditunjuk untuk me-lead (memimpin) ini," ujar Tonggo.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Tonggo mengatakan bahwa PT Pos Indonesia telah menyiapkan rancangan upaya 5 tahun ke depan dengan menerapkan skema upaya logistik 3PL (logistik pihak ketiga) dan 4PL (logistik pihak keempat).

"Kami siap untuk menjawab tantangan dari pemegang saham untuk menjadi BUMN logistik, dan kelak kami mulai dengan skemanya 4PL. Jadi, logistik itu sudah berubah sedemikian rupa saat ini sudah menjadi 3PL, 4PL, apalagi 6PL, dan kami mengarah ke 3PL dan 4PL," katanya.

 Tonggo mengatakan bahwa pihaknya bakal menerapkan skema upaya dengan mengutamakan sektor BUMN logistik lantaran sektor tersebut mempunyai potensi pasar nan besar dalam ekosistem logistik nasional.
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023

powered by Free-Counters.org