Kereta cepat angkut 4.552 penumpang lebih selama tiga hari uji coba | Beritaviral

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
Pasang Iklan Anda Disini
ARTICLE AD BOX

Tegalluar, Kabupaten Bandung (ANTARA) - Selama tiga hari uji coba dari Jumat (15/9) sampai hari Minggu (17/9), Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mengangkut 4.552 penumpang baik nan berangkat dari Tegalluar alias dari Halim Perdanakusuma.

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menjelaskan pada tanggal 15 September 2023 KCJB mengangkut 1.740 penumpang, tanggal 16 September 2023 sebanyak 1.352, dan tanggal 17 September 2023 ini sebanyak 1.460 penumpang nan diangkut dari Halim dan juga Tegalluar.

"Secara keseluruhan, uji coba operasional berbareng masyarakat selama tiga hari ini melangkah dengan lancar kondusif dan tanpa kendala. Masyarakat juga sangat antusias mengikuti perjalanan kereta cepat," kata Eva di sela-sela uji coba KCJB, Minggu.

Untuk tiga hari masa uji coba, kata Eva, diutamakan bagi masyarakat nan terdampak pembangunan jalur trase kereta cepat, media, hingga influencer. Namun pada hari ketiga uji coba ini dibuka registrasi berdikari bagi masyarakat umum untuk uji coba periode 18-24 September 2023.

"Jadi sejak Jumat sudah membuka untuk masyarakat sekitar jalur trase, dan masyarakat umum itu baru dimulai hari ini, bisa melakukan pemesanan dan sangat antusias sekali mereka sangat senang. Artinya kita sangat apresiasi, artinya kehadiran dari KA Cepat ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat," ucapnya.

Tiap hari, kata Eva, pihaknya menyiapkan kuota sekitar 2.000 tempat duduk nan terbagi dalam empat perjalanan kereta dengan masing-masingnya tersedia kuota 500-550 tempat duduk tiap rangkaian kereta.

Namun mengenai dengan pantauan ANTARA nan memandang tetap ada tempat nan kosong saat perjalanan uji coba, Eva mengatakan perihal tersebut lantaran cukup banyak masyarakat nan telah diundang tidak datang dan lebih banyak nan terlambat datang.

"Karenanya kami meminta kerja sama agar datang sesuai agenda nan dipilih dan ditentukan lantaran banyak juga masyarakat nan mau mendaftar tapi sudah habis. Kami juga minta kerja samanya agar datang di stasiun itu selambatnya satu jam sebelum perjalanan kereta, lantaran memang KA sigap tidak dapat menunggu, semuanya on time Sesuai dengan agenda perjalanan nan sudah diberikan," tuturnya.

Diketahui, kereta sigap melaju maksimal dengan kecepatan 350 km per jam, dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Tegalluar sampai ke Halim dengan satu pemberhentian di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sekitar dua menit.

PT KCIC mengungkap uji coba KCJB dengan penumpang ini dilakukan hingga 30 September 2023 secara cuma-cuma, dengan setiap harinya ada empat agenda perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP) dengan jadwal:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Baca juga: KCIC: Stasiun Tegalluar bakal terkoneksi ke Stasiun Cimekar-Gedebage
Baca juga: Registrasi uji coba kereta sigap dibuka kembali 24 September 2023
Baca juga: Warga Kabupaten Bandung antusias coba kereta sigap Jakarta-Bandung

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023

powered by Free-Counters.org